Kubah Enamel

Kubah Enamel

Kubah Enamel – Bagian kubah adalah bagian ciri khas dari suatu bangunan masjid. Bagian kubah inilah yang biasanya menunjukkan kepada umat muslim dari jauh untuk mengetahui di tempat tersebut terdapat bangunan masjid. Bagian inilah yang biasanya akan dipikirkan dengan baik untuk menciptakan kesan indah dan megah pada bangunan masjid. Seiring dengan perkembangan jaman, pembangunan bagian kubah masjid ini juga mengalami perkembangan. Mulai dari jaman dulu yang biasanya kubah hanya berupa warna polos saja, sekarang sudah menjadi perpaduan warna yang sangat beragam dan indah.
Jenis kubah yang sekarang sedang digemari adalah jenis kubah panel. Kubah panel adalah kubah yang di bagian atapnya terdiri dari susunan belah ketupat. Biasanya warna pada kubah panel sangat menarik, dan bagian belah ketupatnya akan dibuat membentuk motif-motif ornamen yang unik dan dengan warna yang indah.
Salah satu bahan dasar yang digunakan pada kubah panel adalah baja low carbon yang kemudian dilapisi dengan menggunakan bahan dari paduan silica (kaca) yang dilebur di atas baja bermutu sangat tinggi atau biasa disebut enamel. Oleh karena itu orang sering menyebutnya sebagai kubah enamel.
Kubah enamel ini adalah kubah masjid yang sangat tahan terhadap suhu yang sangat tinggi, hal ini karena proses pembuatan dari produksi enamel ini menggunakan suhu yang sangat tinggi mencapai 800 derajat celcius. Sehingga kubah ini sangat cocok bila digunakan di daerah yang memiliki suhu yang sangat tinggi.
Kubah enamel memiliki ketahanan terhadap suhu yang tinggi dan juga memiliki daya tahan yang sangat lama. Daya tahan kubahnya berkisar dari 15 tahun sampai 20 tahunan. Karena memiliki daya tahan yang sangat lama tersebut, kubah jenis ini dipasang dengan teknik dan bahan tertentu yang memiliki daya tahan serupa. Pemasanganya biasanya tidak menggunakan paku, karena paku akan sangat mudah berkarat.
Kubah enamel juga memiliki variasi warna yang sangat cerah dan indah untuk di padu padankan. sehingga akan menambah kesan megah pada masjid. Anda patut mempertimbangkan kubah enamel untuk pembangunan masjid di daerah Anda.

Komentar